Cara Mencegah Uban Pada Rambut

Diposting oleh Wak YAYA

Cara Mencegah Uban Pada Rambut - Uban adalah rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian putih. Rambut asli orang Indonesia pada umumnya memiliki warna hitam atau gelap karena memiliki kandungan kadar melanin yang lebih tinggi. Saat rambut berubah menjadi putih dan menjadi uban, terjadi proses perubahan kadar melanin. Pada uban yang berwarna putih melanin tidak lagi diproduksi, sehingga rambut baru tumbuh tanpa mendapatkan pewarnaan dari melanin. Timbulnya uban biasanya terkait dengan usia dan kemampuan tubuh untuk memproduksi melanin, sehingga biasanya uban mulai timbul pada usia 40 tahun ke atas. Akan tetapi uban dapat muncul pada usia lebih muda karena adanya faktor genetis.

Munculnya uban di rambut adalah salah satu tanda-tanda penuaan dan itu terjadi secara alami. Tetapi jika rambut putih yang muncul sebelum waktunya, bisa membuat penampilan terganggu. Beberapa cara untuk mencegah dan menangani munculnya uban adalah dengan mempelajari penyebabnya. Seringkali kebiasaanlah yang mendorong munculnya itu.Uban rambut putih disebabkan oleh banyak hal, termasuk genetika, gangguan metabolisme, kekurangan gizi, stres, penggunaan sampo atau pewarna rambut dengan produk kimia tinggi dan sebagainya.
Baca Juga: Cara Mempercantik Diri Secara Natural
Ketika rambut putih muncul di rambut, terkadang tangan terasa gatal ingin mencabutnya. Dan cara ini membawa efek buruk. Jika rambut beruban dicabut, itu dapat merusak pori-pori rambut dan mengganggu akar saraf rambut. Ada yang percaya bahwa jika kita mencabut rambut beruban, maka uban akan tumbuh makin banyak, ini hanya mitos. Ketika ada rambut uban mulai muncul, berarti tanda bahwa ada masalah dengan produksi melanin. Jadi, ketika rambut beruban dicabut, sebenarnya sudah ada beberapa rambut beruban yang akan tumbuh.

Cara yang tepat untuk mencegah dan menangani rambut beruban adalah dengan makan makanan bergizi dan menerapkan gaya hidup sehat. Mulai berolahraga dengan teratur untuk kelancaran metabolisme tubuh. Olahraga teratur dapat menenangkan saraf dan pikiran, sehingga sangat berpengaruh dalam memperlambat timbulnya uban. Hindari gaya hidup tak sehat seperti merokok, alkohol, keluar malam, dan lain sebagainya.Pola seimbang dengan memilih makanan kaya protein, rendah lemak dan banyak mengandung buah-buahan bergizi dan mengkonsumsi nutrisi. Anda bisa gunakan terapi alami untuk mencegah uban datang sebelum waktunya dengan bahan-bahan seperti berikut ini.
  1. Minyak kelapa - Usapkan campuran minyak kelapa dan air jeruk nipis pada rambut. Remas-remas dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas.
  2. Minyak kemiri - Usapkan minyak kemiri pada rambut. Pertama sangrai kemiri lalu tumbuk sampai mengeluarkan minyak. Lulurkan pada rambut dan diamkan selama 15 menit sebelum dicuci.
  3. Biji Pepaya - Pada zaman dahulu kala Raja-raja memakai beberapa bahan alami pewarna rambut terbuat dari biji pepaya. Caranya dengan menyangrai terlebih dahulu biji pepaya lantas ditumbuk hingga halus kemudian imbuhkan minyak kelapa. Oleskan ke semua sisi rambut dan lakukan perawatan ini secara teratur  seminggu sekali. Baca Juga: Manfaat Daun Pepaya untuk Kecantikan
  4. Yogurt pahit  - Campurkan  satu gram lada hitam atau kopi bubuk dengan 100 gram yogurt tanpa gula. sesudah itu lumuri dengan halus ke kulit kepala serta rambut kemudian bersihkan dengan air hangat dan sampo sesudah satu jam. kerjakan rincian ini setiap minggu untuk memperoleh hasil yang baik maka tak hanya menyingkirkan uban, campuran ini dapat membuat rambut anda bercahaya dan terhindar dari ketombe. Selain itu lada hitam menjadikan rambut lebih hitam dan kopi menjaga warna rambut.
  5. Mengoleskan Jus Labu - Campuran jus labu bersama minyak wijen atau minyak zaitun menolong rambut lebih sehat, bercahaya dan tidak tipis jugamenghindarkan rambut beruban. 
  6. Memakai daun teh - Saring teh lalu campurkan daun teh dengan satu sendoh teh garam. Taburkan ke atas kepala dan rambut rambut selama satu jam lantas bersihkan dengan air. Kerjakan setiap hari dalam 10 hari maka rambut anda akan terbebas dari uban.
Hal terakhir untuk mengatasi rambut yang sudah beruban adalah pengecatan yang dianggap sebagai solusi praktis untuk mengatasi uban. Namun jika pewarna rambut tidak aman, hal ini dapat menyebabkan gangguan neurologis yang menyebabkan pusing, insomnia, hipertensi, palpitasi jantung dan sebagainya. Jadi, dalam memilih pewarna rambut harus berhati-hati.
Baca Juga: Program Gagal Menggemukkan Badan
Jika semua usaha sudah dilakukan tetapi masih muncul uban, mungkin solusinya adalah liburan. Tinggalkan rutinitas sehari-hari yang membuat stres. Liburan akan membuat lebih santai, sehingga metabolisme kembali normal dan uban tidak kembali tumbuh. Semoga tips di atas dapat mengatasi rambut beruban dan dapat mencoba model dan warna rambut terbaru yang mengikuti trend globalisasi zaman sekarang.

Artikel Terkait

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar