Pengertian tentang Obat Tidur Zolpidem

Diposting oleh Wak YAYA

Pengertian tentang Obat Tidur Zolpidem - Anda sering mengalami insomnia, sulit tidur atau sering terbangun untuk waktu yang lama di malam hari? Zolpidem bisa menjadi salah satu obat yang bisa diandalkan. Cara kerja obat ini adalah dengan memperlambat kinerja sistem saraf sehingga membuat Anda lebih tenang dan bisa tidur lebih cepat. Obat tidur ini hanya bisa digunakan orang dewasa dan dikonsumsi untuk jangka pendek sekitar satu sampai dua minggu.

Obat Tidur Zolpidem
Zolpidem adalah salah satu jenis obat tidur. Obat ini berfungsi menangani gangguan tidur atau insomnia. Contohnya, sulit tidur atau sering terbangun untuk waktu yang cukup lama pada malam hari. Zolpidem akan memperlambat kinerja sistem saraf. Fungsi tersebut akan membuat Anda merasa lebih tenang sehingga bisa tidur lebih cepat dan tanpa terbangun sepanjang malam. Obat tidur ini hanya boleh digunakan oleh orang dewasa dan umumnya diresepkan oleh dokter untuk penggunaan jangka pendek (selama 1-2 minggu, maksimal satu bulan).

Obat yang berjenis hipnotik dan sedativa ini bisa dikonsumsi lewat resep dokter. Perempuan hamil terlebih yang kehamilannya ada di trimester terakhir dilarang mengonsumsi obat yang berbentuk tablet ini karena bisa mempengaruhi perkembangan janin. Sementara jika sedang merencanakan kehamilan, konsultasikan dulu terhadap dokter. Selama mengonsumsi zolpidem, jangan mengonsumsi minuman keras karena alkohol di dalamnya bisa membuat Anda berhenti bernafas karena tidur terlalu nyenyak, mengigau, sampai kesulitan bangun tidur.  

Tentang Zolpidem
  • Golongan: Hipnotik dan sedativa
  • Kategori: Obat resep
  • Manfaat: Menangani insomnia
  • Dikonsumsi oleh: Dewasa
  • Bentuk: Tablet
Bila anda butuh yang bentuk cairan selain dari merk zolpidem, anda bisa langsung baca di halaman Obat Tidur Cair

Peringatan:
  1. Wanita yang sedang hamil terutama di trimester akhir, atau menyusui dilarang mengonsumsi zolpidem. Obat ini akan memengaruhi perkembangan janin selama dalam kandungan maupun setelah lahir. Bila sedang merencanakan kehamilan, konsulltasikan dahulu pada dokter sebelum menggunakan obat ini.
  2. Jangan mengonsumsi minuman keras selama mengonsumsi zolpidem. Kandungan alkohol dapat meningkatkan pengaruh zolpidem sehingga menyebabkan Anda berhenti bernapas akibat tidur terlalu nyenyak, kesulitan bangun tidur, atau mengigau hingga melakukan sesuatu saat tertidur tanpa bisa mengingatnya saat terbangun.
  3. Sebagian orang yang mengonsumsi zolpidem berpotensi merasa mengantuk, pusing atau linglung. Karena itu, hindarilah mengemudi atau mengoperasikan alat berat selama mengonsumsi obat ini.
  4. Minumlah zolpidem saat hendak tidur.
  5. Harap berhati-hati bagi lansia dan yang mengidap defisiensi laktosa, gangguan pernapasan atau paru-paru, apnea tidur, myasthenia gravis, gangguan mental (misalnya depresi), gangguan hati, gangguan ginjal yang parah, serta ketergantungan obat-obatan terlarang atau minuman keras.
  6. Jangan berhenti mengonsumsi zolpidem secara tiba-tiba dan tanpa konsultasi dengan dokter.
  7. Diskusikan dengan dokter jika insomnia masih terjadi atau bahkan bertambah parah setelah penggunaan zolpidem selama satu minggu hingga 10 hari.
  8. Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera temui dokter.
Bagaimana mengenai dosisnya? Dosis biasanya akan ditentukan dokter sesuai dengan keparahan insomnia yang dialami, riwayat kesehatan, kondisi kesehatan, dan respon tubuh terhadap obat. Rata-rata dosis zolpidem adalah 10 miligram per hari dimana penggunaannya tidak boleh lebih dari satu bulan. Pakai zolpidem sesuai anjuran dokter dan biasanya diminum saat perut kosong menjelang tidur. Obat ini bisa mendatangkan gejala putus obat tidur sehingga tidak bisa diberhentikan konsumsinya tanpa anjuran dokter. Setelah menghentikan konsumsinya, insomnia bisa saja tetap ada. Namun jangan khawatir karena bisa hilang dalam hitungan satu atau dua hari.

Dosis Zolpidem
  • Dosis zolpidem akan ditentukan oleh dokter berdasarkan tingkat keparahan insomnia yang dialami oleh pasien. Kondisi kesehatan, riwayat kesehatan, serta respons tubuh pasien terhadap obat juga akan dipertimbangkan.
  • Dosis umum zolpidem yang dianjurkan adalah 10 mg per hari. Penggunaan obat tidur ini hanya untuk jangka pendek, yaitu tidak boleh lebih dari satu bulan.
Orang yang mengonsumsi obat tidur zolpidem solusi untuk penderita insomnia berisiko merasa pusing, mengantuk, dan linglung. Oleh karena itu, hindari mengoperasikan alat berat atau berkendara selama mengonsumsi zolpidem. Beberapa orang wajib hati-hati dalam mengonsumsi obat ini seperti lansia yang mengidap kekurangan laktosa, apnea tidur, gangguan paru-paru atau pernafasan, myasthenia gravis, gangguan hati, gangguan mental, gangguan ginjal parah, dan ketergantungan terhadap minuman keras dan obat-obatan terlarang. Sebaiknya tidak berhenti mengonsumsi zolpidem secara tiba-tiba, harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Begitu juga jika insomnia masih sering terjadi atau malah bretambah parah setelah mengonsumsi zolpidem. 

Mengonsumsi Zolpidem dengan Benar
Gunakan zolpidem sesuai anjuran dokter dan jangan lupa untuk membaca keterangan pada kemasan. Zolpidem dianjurkan diminum saat perut kosong untuk memaksimalkan keefektifannya. Dan disarankan mengonsumsinya sesaat sebelum Anda tidur. Obat ini bisa memicu gejala putus obat. Karena itu, jangan berhenti mengonsumsinya tanpa pengawasan dan anjuran dari dokter. Insomnia mungkin akan kembali terjadi selama beberapa hari setelah Anda menghentikan konsumsi zolpidem. Tetapi jangan khawatir, karena gangguan tersebut umumnya akan hilang dalam satu hingga dua hari. Jangan menggandakan dosis zolpidem pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat. Jangan berikan dosis Zolpidem Anda pada orang lain, meskipun kondisinya tampak mirip dengan kondisi Anda.
Kenali Efek Samping dan Bahaya Zolpidem
Semua obat berpotensi menyebabkan efek samping. Demikian pula dengan zolpidem. Obat tidur manapun tentu memiliki efek samping. Begitu juga dengan zolpidem. Efek samping yang bisa terjadi setelah mengonsumsinya, dibawah ini beberapa efek samping yang umum terjadi saat mengonsumsi obat tidur ini meliputi:
  1. Mengantuk.
  2. Pusing atau sakit kepala.
  3. Merasa lelah.
  4. Sakit perut.
  5. Diare.
  6. Mual dan muntah.
  7. Infeksi pernapasan.
  8. Gangguan tidur.
  9. Mengalami halusinasi.
  10. Mimpi buruk.
  11. Uring-uringan.
  12. Mudah lupa.
Baca Juga:  Cara Membuat Obat Tidur Buatan Sendiri
Segera hubungi dokter jika Anda mengalami alergi atau efek samping yang berkepanjangan. Sekian Pengertian tentang Obat Tidur Zolpidem yang kami bagikan semoga berguna dan bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan informasinya dari obat tidur merk zolpidem.

Artikel Terkait

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar